Cara Membersihkan Kotoran Di Kloset Dengan Mudah Dan Ramah Lingkungan

Kotoran di kloset merupakan masalah umum yang terjadi di dalam kamar mandi. Kotoran noda membandel dapat diakibatkan oleh penumpukan kotoran, air dan mineral. Seiring dengan berjalannya waktu kotoran tersebut bisa mengakibatkan toilet menjadi tidak enak dipandang bahkan menimbulkan kerusakan. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara membersihkan kotoran di kloset agar toilet selalu bersih dan nyaman dipakai.

 

Cara Membersihkan Kotoran Di Kloset

Cara membersihkan kotoran di kloset cukup penting untuk diketahui. Meskipun terdapat berbagai macam produk komersial yang bisa menghilangkan kotoran tersebut, namun sejumlah produk rumah tangga pun ternyata juga sama efektifnya. Cara membersihkan kotoran di kloset menggunakan bahan rumahan tersebut juga dianggap lebih ramah lingkungan.

Berikut cara membersihkan kotoran di kloset menggunakan bahan rumahan yang bisa Anda coba.

  • Baking soda dan cuka

Baking soda dapat digunakan sebagai bahan pembersih rumah karena mengandung bahan kimia di dalamnya. Cuka putih dan baking soda merupakan dua produk dalam rumah tangga yang sangat berguna untuk membersikan banyak benda, salah satunya kotoran di toilet.

Beberapa manfaat dari cuka sebagai bahan pembersih rumah antara lain mampu melarutkan kerak atau kotoran yang ada pada keramik, membersihkan bagian logam pada karat, melarutkan batu ginjal, mampu menghilangkan bau tidak sebab, membunuh bakteri E.coli dan singela (penyebab disentri).

Adapun cara membersihkan noda di kloset menggunakan cuka dan baking soda yaitu :

  • Tuangkan sekitar 1 gelas cuka pada permukaan kloset, Anda juga dapat meratakannya dengan sikat. Setelah itu diamkan kurang lebih selama 1 menit.
  • Jika sudah, tambahkan sekitar 1 gelas baking soda ke permukaan kloset, kemudian tambahkan sekitar 2 gelas cuka kembali. Langkah ini akan menjadikan aksi mendesis. Lalu biarkan larutan tersebut meresap selama kurang lebih 10 menit.
  • Pakai sikat toilet untuk mengoleskan cuka dan baking soda secara merata di sekitar kloset, pastikan pula larutan pembersih tersebut dapat menempel pada kotoran yang terdapat di atas garis air. Diamkan dulu dan jangan disiram.
  • Diamkan larutan baking soda dan cuka tersebut selama 30 menit. Kemudian sikat 1 hingga 2 kali sampai noda atau kotoran benar-benar hilang. Apabila masih terdapat kotoran, maka Anda bisa menggosoknya kembali menggunakan sikat toilet ataupun sikat nilon yang berbulu kaku. Lalu siram kloset untuk membilasnya hingga bersih.
  • Boraks dan cuka

Boraks dan cuka merupakan produk pembersih serbaguna yang bisa dimanfaatkan secara efektif untuk membantu membersihkan kotoran di kloset serta perlengkapan pipa yang lain. Adapun cara membersihkan kotoran di kloset menggunakan boraks dan cuka yaitu :

  • Tuangkan sekitar ¼ gelas boraks pada permukaan kloset lalu ratakan menggunakan sikat toilet
  • Tambahkan 1 gelas cuka lalu diamkan campuran larutan tersebut di dalam kloset kurang lebih selama 20 menit
  • Akhiri dengan menggosok-gosok bagian kloset menggunakan sikat toiler agar kotoran dan noda menghilang dengan sempurna
  • Siram kloset menggunakan air sampai bersih

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membersihkan kotoran di kloset menggunakan cuka yaitu dengan memasukkan sekitar 3 gelas cuka pada kloset. Kemudian gosok noda tersebut menggunakan sikat toilet. Anda juga bisa mencoba cara lainnya yakni dengan memasukkan cuka pada sebuah botol semprot lalu semprotkan larutan tersebut langsung pada kotoran kloset yang membandel. Diamkan beberapa saat dan sikat hingga bersih.

  • Pasta boraks

Bubuk boraks merupakan salah satu bahan pembersih yang dianggap sangat kuat. Untuk mmebersihkan kotoran di toilet yang cukup membandel, Anda bisa mencoba memanfaatkan pasta boraks. Anda dapat membuat pasta tersebut dengan mudah. Adapun cara membersihkan kotoran di kloset memakai pasta boraks adalah sebagai berikut :

  • Buatlah pasta boraks terlebih dahulu dengan mencampurkan ½ gelas boraks serta sedikit cuka hingga membentuk pasta kental
  • Lalu oleskan pasta dengan segera pada kotoran di kloset sampai tertutup sepenuhnya. Boraks tersebut akan mengeras dengan cepat, oleh sebab itu jangan menambahkan cuka hingga Anda siap mengoleskan pasta
  • Jika sudah, diamkan pasta yang menempel pada kloset tersebut selama kurang lebih 20 menit
  • Bersihkan pasta serta kotoran membandel dengan menggosoknya menggunakan sikat nilon. Siram toilet sampai bersih.

Baca Juga : Jasa Sedot WC Nganjuk Murah

Selain dijadikan sebagai pasta, Anda juga dapat menaburkan bubuk boraks secara langsung. Taburkan bubuk pada kotorn dan gosok menggunakan sikat toilet. Jika sudah digosok, biarkan bubuk meresap kurang lebih selama 30 menit. Kemudian siram menggunakan air bersih.

  • Soda

Minuman bersoda juga dapat dimanfaatkan untuk menjadikan kloset nampak kinclong dan bersih. Soda dapat membantu mengangkat kotoran membandel pada permukaan porselen misalnya kloset. Cara membersihkan kotoran di kloset menggunakan soda ini juga sangat mudah, yakni :

  • Tuangkan 1 kaleng soda pada sekeliling tepi kloset sampai kloset terlapisi semua dengan soda tersebut
  • Kemudian diamkan agar meresap minimal selama 1 jam supaya asam pada noda dapat mengurai noda. Jika sudah, gosok menggunakan sikat toilet dan siram sampai bersih
  • Lemon

Perasan air lemon merupakan pengganti cuka sebab memiliki sifat asam. Secara alami, buah tersebut bersifat sangat asam. Jeruk lemo menjadi pembersih rumah yang cukup efisien dengan kemampuan aktif dalam memerangi bakteri yang ada di dalam kamar mandi. Jeruk lemon merupakan pembersih yang ramah lingkungan dan hemat biaya. Cara membersihkan kotoran di kloset menggunakan lemon yaitu :

  • Taburkan garam pada area permukaan kloset. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan pembersih.
  • Gunakan ½ daging lemon dan gosok dibawah pinggira serta bagian yang terjangkau air. Selain itu, Anda juga bisa memeras sisa dari jeruk lemon ke bagian kloset.
  • Pakai sikat toilet untuk menggosok area yang kotor secara menyeluruh. Gosok pula area kloset yang lebih dalam. Bahkan jika perlu Anda juga bisa menambahkan baking soda atau boraks ke dalam campuran tersebut untuk mendapatkan hasil lebih efektif. Lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
  • Asam sitrat

Larutan asam sitrat mampu bekerja secara efektif seperti cuka dan lemon untuk membersihkan kotoran di kloset. Asam sitrat bisa dipakai dengan mudah untuk membantu membersihkan rumah dari jamur, bakteri dan juga mikroba yang lain. Asam sitrat ini juga bisa dengan mudah didapatkan di berbagai toko yang menjual bahan kue. Cara membersihkan kotoran di kloset menggunakan asam sitrat adalah sebagai berikut:

  • Campurkan sekitar 1 sdm asam sitrat ke dalam sebotol air
  • Tuangkan pada permukaan kloset lalu diamkan selama 15-20 menit
  • Untuk pembersihan secara mendalam, Anda bisa menyemprotkan larutan asam sitrat serta taburkan sekitar ½ gelas bubuk asam sitrat pada permukaan kloset termasuk pada bagian bawah tepi.
  • Diamkan beberapa jam lalu gosok secara menyeluruh menggunakan sikat
  • Siram menggunakan air sampai bersih
  • Batu apung

Cara membersihkan kotoran di kloset lainnya adalah menggunakan batu apung. Bahan ini efektif untuk membersihkan noda terutama kerak. Adapun langkah membersihkannya yaitu :

  • Rendam batu apung di dalam air hangat
  • Permukaan toilet dan batu harus dalam keadaan basah untuk menghindari terjadinya goresan. Gosok kotorang secara lembut sampai menghilang
  • Bilas menggunaka air hingga bersih

Nah itulah beberapa cara membersihkan kotoran di kloset yang mampu menjadikan kloset Anda bersih, kinclong dan nyaman dipakai. Berbagai bahan rumahan diatas secara efektif membersihkan kotoran di kloset dengan harga yang terjangkau serta ramah lingkungan. Bagi Anda yang ingin membersihkan kotoran di kloset, Anda dapat memilih salah satu diantara beberapa bahan rumahan diatas.

Selamat mencoba!

Note : Jika Masih Belum Berhasil, Anda Bisa Menghubungi Jasa Sedot WC Kediri Terbaik, CV. Sumber Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *