Penyebab Bakteri Bersarang di Toilet

Tempatnya yang teduh dan lembab menjadi penyebab bakteri bersarang di toilet. Bakteri dan kuman yang ada di toilet tersebut dapat berkembang dengan sangat cepat.

Mereka berkembang biak hanya dengan waktu sekitar 20 menit saja. Artinya, dalam kurun waktu 24 jam bakteri dan kuman tersebut jumlahnya bisa mencapai 8 juta sel. Jumlah yang tidak sedikit untuk menjadi penyebab penyakit pemakai toilet tersebut.

Tentu saja hal tersebut bukan menjadi hal yang baik untuk didengar, apalagi bakteri yang ada di toilet dapat menyebabkan Kita sebagai pengguna terserang berbagai penyakit mulai dari yang ringan sampai dengan penyakit berat yang mungkin mematikan.

Selain itu, sebagai manusia Kita perlu untuk pergi ke toilet setiap harinya. Hal ini menyebabkan intensitas Kita menemui bakteri berbahaya di toilet meningkat, sekaligus dapat meningkatkan kemungkinan adanya penyakit yang akan timbul.

Untuk itu, perlu adanya penanganan yang berlanjut dalam rangka untuk menghilangkan kuman-kuman yang ada di toilet tersebut.

Ketahui Penyebab bakteri bersarang di toilet

Selain tempatnya yang lembab, ada banyak penyebab lain yang menyebabkan bakteri bersarang dan berkembang biak di toilet. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

  • Air Kotor

Penyebab bakteri bersarang di toilet yang pertama adalah air kotor. Kondisi air dalam bak yang kotor dapat membuat bakteri dan kuman bersarang dengan nyaman dan berkembang biak dengan cepat.

Untuk itu, sebagai solusinya adalah dengan menguras bak mandi secara rutin minimal seminggu sekali agar kondisi air yang ada di bak terjaga kebersihannya.

Selain menguras bak mandi, Anda juga bisa memberikan beberapa tetes cairan antibakterial yang sudah banyak beredar di pasaran. Produk tetes antibakterial ini disebut-sebut ampuh untuk membunuh bakteri yang ada di bak mandi

  • Tidak Menyiram Kloset Setelah Menggunakannya

Seperti yang kita ketahui, tubuh Kita mengeluarkan racun dari dalam sistem tubuh. Untuk itu, tidak menyiram kloset setelah menggunakannya sama saja dengan membiarkan bakteri berkembang biak di kamar mandi Anda.

Baca Juga : Sedot WC Tuban Termurah

Selain itu, pengguna kamar mandi setelah Anda bisa saja terserang penyakit dari bakteri yang sebelumnya ditinggalkan tanpa disiram terlebih dahulu.

  • Menggantung Pakaian di Kamar Mandi

Menggantung pakaian di kamar mandi dapat menjadi penyebab bakteri bersarang di toilet selanjutnya. Banyak menggantung pakaian akan menjadi ‘rumah’ bagi bakteri yang hendak berkembang.

Selain menjadi sarang bakteri, banyak menggantung pakaian di toilet dapat menyebabkan bau apek di dalam toilet.

  • Genangan Air di Ember

Genangan air yang masih tertinggal di ember dapat menjadi tempat jentik jentik berkembang biak. Tidak ada jaminan jentik jentik yang tertinggal itu bukan jentik jentik dari nyamuk aedes aegypti, nyamuk yang sebabkan penyakit demam berdarah.

  • Pencahayaan dan Ventilasi Kurang

Pencahayaan dan ventilasi yang kurang akan menyebabkan toilet menjadi lembab. Hal ini yang paling dibutuhkan bakteri untuk dapat bersarang dan berkembang biak.

Untuk itu, usahakan adanya ventilasi dan pencahayaan cukup yang dapat menembus masuk ke dalam toilet untuk mencegah toilet dalam keadaan yang lembab.

  • Tempat Cuci Tangan yang Bersih

Tempat cuci tangan yang ada haruslah bersih. Seperti yang Kita ketahui, tangan merupakan media yang paling sering menjadi pengantar bakteri dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Untuk itu, kebersihan tangan sangatlah penting untuk diperhatikan.

  • Berlumut

Lumut menjadi salah satu penyebab bakteri bersarang di toilet. Lumut dapat menjadi tempat tinggal dan merupakan tempat yang paling nyaman karena keadaannya yang lembab.

Tidak hanya menjadi penyebab bakteri tinggal di toilet tetapi juga dapat mencelakai pengguna toiletnya. Keadaan lumut yang lembab dan licin dapat membuat pengguna toilet terpeleset dan jatuh.

Baca Juga : Tutorial Cara Membuat Septictank & Penyebab Septictank Cepat Penuh

Penyebab bakteri bersarang di toilet memang banyak jumlahnya. Namun sebagian besar adalah mengenai kebersihan diri sebagai pengantar bakteri dan kebersihan toilet yang memengaruhi bakteri untuk tinggal dan berkembang biak.

Untuk menanggulangi penyebab bakteri bersarang di toilet, Kita bisa rutin membersihkan toilet sehingga bakteri-bakteri tersebut tidak bisa berkembang biak ataupun untuk sekadar tinggal di dalamnya.

Selain membersihkan toilet secara rutin, solusi lain yang dapat dilakukan adalah dengan membiarkan toilet tetap dalam keadaan yang kering. Keadaan toilet yang kering akan memperkecil adanya bakteri yang bisa tumbuh dan berkembang biak di dalam toilet.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah tidak menggantung pakaian di dalam toilet. Apalagi handuk yang baru dipakai. Handuk yang baru dipakai biasanya masih meninggalkan air dan membuatnya menjadi lembab. Ini yang kemudian menimbulkan bau apek pada kamar mandi dikarenakan kuman yang ada.

Selanjutnya adalah dengan mengganti peralatan mandi secara rutin. Penggunaan peralatan kamar mandi dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat. Sebagai contoh saja sikat gigi. Sikat gigi dapat menjadi media pengantar bakteri dari mulut. Untuk itu, gantilah secara rutin peralatan yang Anda gunakan untuk menghindari bakteri berkembang di dalamnya.

Jika Anda Mengalami Masalah Dengan Toilet/WC Penuh, Anda bisa menghubungi kami, Jasa Sedot WC Kediri Telp/WA 081361070048

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *